Model Taman Vertical Untuk Rumah Minimalis

Model Taman Vertical Untuk Rumah Minimalis – Rumah minimalis dengan lahan yang minimal juga tentunya tidak akan bisa membuat taman dengan model konvensional. Taman konvensional akan sangat menghabiskan lahan, apalagi jika taman berbentuk taman basah. Salah satu cara mensiasati lahan yang terbatas pada rumah minimalis adalah dengan membuat taman vertical, taman ini terdapat 2 jenis yaitu taman vertical atap dan taman vertical dinding.

Taman vertical atap biasanya menggunakan tanaman yang berukuran cukup besar dengan daun yang rimbun dan menjuntai, sedangkan taman vertical dinding lebih simple dengan pot bunga atau tempat khusus untuk taman vertika yang ditanami tanaman kecil. Meskipun berbeda nama namun konsep pembuatannya masih sama yaitu dengan menanam pada media yang ditempatkan di bidang vertical.

-->

Taman vertical atap sudah pasti outdoor kan, nah untuk taman vertical dinding kebanyakn diposisikan indoor karena dapat berfungsi juga sebagai dekorasi ruangan. Taman jenis ini biasanya diletakkan di dapur, kamar mandi atau ruang makan sebagai pemanis ruangan. Apakah kamu sudah tertarik dengan pembuatan taman vertical? Mari kita lihat bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat taman vertical.

Pot

Sesuaikan pot yang akan digunakan dengan kemungkinan ukuran tanaman yang akan tumbuh nanti agar pot tidak pecah dan malah mengotori interior ruangan kamu. Untuk mengurangi biaya pembelian pot, gunakan pot dengan bahan dari plastic.

Rak

Rak disini berfungsi untuk menyangga pot dan juga papan penyangga agar tertata dengan rapi. Dalam memilih rak, usahakan mencari yang terbuat dari besi agar lebih kuat. Dan sebaiknya cat dengan anti karat terlebih dahulu.

Papan penyangga

Untuk papan penyangga gunakanlah bahan yang cukup kuat namun tahan karat dan lentur seperti fiberglass atau PVC.

Media tanam

Media tanam yang dimasukkan kedalam pot bisa berupa bahan organic maupun anorganik. Contoh bahan organic adalah sabut dari kelapa, arang kayu dan kompos. Untuk bahan anorganik biasanya menggunakan pasir, tanah liat dan kerikil.

Contoh-contoh:

model-taman-vertical-untuk-rumah-minimalis5 model-taman-vertical-untuk-rumah-minimalis4 model-taman-vertical-untuk-rumah-minimalis3 desain-planter-vertikal-berbahan-kayu-chiclittlehouse model-taman-vertical-untuk-rumah-minimalis

Dalam membuat taman vertical hal yang perlu diperhatikan adalah ketahanan tembok, pastikan tembok yang akan kamu pasang rak dan papan penyangga tersebut cukup kuat. Untuk lebih memperkuat cat terlebih dahulu tembok dengan cat waterproof agar air tidak melapukkan tembok. Langsung praktekkan saja agar tidak bingung. Semoga bermanfaat.